Tips Memilih Jaket Gunung

Table of Contents

Tips-Memilih-Jaket-Gunung

Salah satu perlengkapan yang utama dalam sebuah pendakian gunung adalah memiliki jaket gunung. Jaket gunung merupakan salah satu benda yang paling penting dalam pendakian gunung. Benda ini akan melindungi tubuh kita dari hawa dingin dan angin yang berhembus di gunung. 

Jaket gunung dipilih dengan cermat dan tepat agar bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama serta kondisi yang sesuai dengan aktivitas pendakian kita.

Untuk mendapatkan fungsi yang sempurna, sebuah jaket gunung biasanya tersusun dari beberapa bagian yang sangat pokok. Tanpa beberapa bagian ini, sebuah jaket gunung mungkin saja tidak dapat menampilkan performa terbaiknya. 

Itulah mengapa dalam memilih jaket gunung ada beberapa bagian yang sangat penting yang harus diperhatikan agar fungsinya sempurna. Berikut ini beberapa tips untuk mendapatkan jaket gunung yang sesuai dengan keinginan Kita.

Ukuran atau Size

Pemilihan ukuran jaket gunung sebaiknya jangan terlalu pas atau jangan terlalu besar. Sedikit dilebihkan dari badan kita itu lebih baik. Tujuannya adalah selain untuk kenyamanan dalam bergerak, jaket dengan ukuran sedikit lebih besar dari ukuran kita bisa digunakan secara berlapis dengan jaket polar lainnya untuk menambah agar lebih hangat jika memang dibutuhkan. 

Kita juga bisa memasukkan tas kecil, jaket gunung dengan ukuran yang lebih besar dari ukuran tubuh kita juga bisa memasukkannya ke dalam jaket gunung kita ketika hujan atau ketika kita sedang mendaki gunung.

Jaket yang memiliki ukuran terlalu pas dengan tubuh kita akan menimbulkan panas atau gerah yang lebih cepat daripada jaket dengan ukuan yang sedikit lebih besar dari tubuh kita. Hal ini karena sirkulasi udara di dalam jaket yang berukuran pas tersebut tidak bisa mengikuti hawa panas yang keluar dari tubuh kita.

Bahan

Jaket gunung ada yang menyematkan polar di bagian dalamnya, sehingga akan lebih hangat ketika dipakai, namun akan terasa panas jika digunakan saat siang hari. Ada jaket gunung yang hanya menggunakan lapisan dalam berupa puring, biasanya jaket seperti ini digunakan untuk mengurangi panas di dalam jaket, bahan luarnya biasanya dibuat dari bahan poliester.

Sekarang ini, banyak jaket yang menggunakan teknologi seperti Gore-Tex, sebuah teknologi yang membuat lapisan jaket anti udara dan kedap udara, namun tetap bisa mengalirkan udara panas dalam jaket keluar.

Jaket dengan bahan polar bagian dalamnya sangat tidak direkomendasikan dipakai saat musim hujan, ketika terkena udara hujan, maka akan memakan waktu lama untuk kering.

Lightweight / Ringan 

Jaket gunung yang berat tentu tidak efektif dan efisien digunakan untuk aktivitas alam bebas. Oleh karena itu, jaket yang baik untuk aktivitas luar ruang adalah ringan atau ringan sebagai salah satu hal yang penting. Jaket yang ringan akan membuat pergerakan menjadi lebih bebas dan lebih leluasa saat bertualang.

Namun, tidak semua jaket dengan teknologi ringan mampu menahan angin dan hujan. Bisa dikatakan juga, jaket yang ringan dari sisi bobot, sering mengalami masalah dari sisi ketahanannya pada fungsi waterproof dan windproof. Semakin ringan dan tipis sebuah jaket gunung, semakin rentan pula risikonya terhadap cuaca serta hujan.

Ada beberapa produk yang telah mampu membuat sebuah jaket gunung dengan konstruksi yang ringan, namun juga mampu menahan penetrasi angin dan hujan hingga pada temperatur tertentu. Namun harga jaket gunung seperti ini cenderung masih cukup tinggi dan belum cukup banyak pilihan yang bisa dijadikan alternatif.

Biasanya Pendaki Profesional membawa dua jaket saat mendaki, yang berbahan polar dimasukan ke dalam tas carrier dan hanya dipakai saat tidur atau cuaca ekstrim, yang berbahan polyester untuk dipakai saat berjalan karena memang tidak membuat panas terperangkap dalam jaket, namun tetap bisa melindungi dari hujan dan angin gunung.

Waterproof, Windproof, dan Breathability

Kita terbiasa mendengar waterproof dan windproof, namun ada juga yang disebut breathability

Breathability adalah kemampuan sebuah bahan untuk mengalirkan udara panas akibat pernafasan tubuh dari jaket.

Waterproof

Bagian penting yang juga harus dimiliki oleh sebuah jaket gunung adalah ketahanannya terhadap penetrasi cairan, terutama udara. Kondisi alam pegunungan yang tidak dapat ditebak dan basah karena lembap, memungkinkan risiko basah jadi tinggi.

Lapisan anti air yang ada pada jaket gunung waterproof biasa dikenal dengan Gore-Tex sebagai salah satu sistem layering yang waterproof garansi, atau ada juga teknologi Hyvent.

Tahan air berbanding lurus dengan tahan angin, artinya semakin tinggi kemampuan suatu bahan jaket dalam menahan udara, maka semakin tinggi pula kemampuannya dalam menahan angin. 

Namun akan terbalik dengan kemampuannya dalam melepaskan udara panas akibat tubuh yang terperangkap dalam jaket. 

Jaket gunung dengan bahan waterproof biasanya diproduksi dengan 3 lapis, yaitu face fabricmembrane, dan backer

Membrane adalah sebuah material termutakhir dengan lubang-lubang mikroskopis tahan air yang memungkinkan tubuh kita untuk bernafas.

Selain membran, ada beberapa teknologi pelapisan lain yang lebih konvensional dan terjangkau seperti coating atau laminate, namun kualitasnya tentu lebih rendah. Jika kebutuhan kita tidak mengharuskan kita untuk membeli jaket gunung profesional, jaket-jaket yang dilapis dengan dua teknologi tersebut bisa menjadi pilihan.

Windproof

Pada umumnya, jaket gunung di Indonesia, sudah didesain untuk memiliki kemampuan menahan angin di atas pegunungan. Lapisan-lapisan yang digunakan sebagai bahan utama jaket gunung, harus memenuhi kriteria untuk mencegah hembusan angin gunung yang dingin.

Untuk membuat kinerjanya menjadi maksimal dan memberikan rasa nyaman pada penggunanya, jaket berlapis luar dan tahan angin kemudian dipasang dengan jaket dalam yang umumnya menggunakan bahan yang lembut berupa mesh atau puring.

Pada beberapa jaket gunung yang lebih teknis, inner ini dapat pula berupa lapisan bulu yang lebih hangat dan mampu menjaga suhu panas tubuh.

Breathable

Fungsi breathable adalah fungsi yang penting dari sebuah jaket gunung. Jika jaket gunung memiliki segala fungsi sebelumnya seperti waterproof yang bagus, windproof, dan juga lightproof yang memenuhi syarat, namun ketika jaket tidak breathable, maka kenyamanan pun tidak didapat.

Fungsi breathable pada jaket gunung biasanya ditempatkan pada inner layer berupa mesh atau puring. Secara umum fungsi dari bahan-bahan ini adalah untuk memberi sirkulasi yang baik pada sistem jaket dan juga memberi kenyamanan bagi penggunanya.

Breathable bukan hanya masalah gerah dan kepanasan karena tidak terjadi sirkulasi udara dalam jaket. Namun dalam aktivitas mendaki gunung atau hikingbreathable berpengaruh pula pada kesehatan dan ketahanan tubuh. Dan hal ini lebih ditekankan lagi pada jaket gunung untuk wanita dengan mempertimbangkan beberapa layer yang telah mereka gunakan sebelumnya akan menambah gerah jika jaketnya sendiri tidak breathable.

Oleh karena itu, perlu mempertimbangkan memilih jaket dengan kemampuan waterproof, windproof, dan breathability dengan cermat dan bijak.

Resleting

Resleting jaket gunung biasanya hanya satu buah, namun ada beberapa yang menyematkan dua lapis resleting untuk menambah kekuatan jaket tersebut. 

Pastikan kita memilih jaket gunung dengan resleting bermerk YKK. Kita bisa melihat di ujung kepala resleting yang bisa dibaca dengan jelas. Merek YKK ini adalah merek terbaik untuk produk resleting, kualitasnya tidak perlu diragukan lagi.

Periksalah juga apakah jaket gunung yang sedang kita pertimbangkan memiliki resleting di ketiak (pitt zip) untuk ventilasi udara agar tidak gerah.

Pada beberapa jaket gunung dengan spesifikasi tertentu, ada sebuah resleting yang menyambungkan antara body jaket dan lengan jaket. Zipper ini diletakkan di bawah ketiak dengan tujuan membantu sirkulasi udara yang benar-benar dibutuhkan.

Velcro / Perekat

Pada bagian ini penting untuk diperhatikan, terutama jika kita berencana membeli jaket gunung tahan air (waterproof). Sebelum membeli, ujilah terlebih dahulu velcro atau pull chord yang tersemat dalam jaket untuk memastikan kualitasnya. Semakin kencang, maka semakin bagus.

Perekat yang baik adalah perekat yang pada bagian kasarnya tersusun rapi dan rapi. Pastikan juga resleting pada bagian depan jaket gunung tertutupi kembali oleh velcro ini, sehingga udara dan angin tidak mudah masuk ke dalam sela-sela resleting.

Perekat Pergelangan Tangan

Bagian tangan harus memiliki Velcro untuk menyesuaikan dengan ukuran kita atau ketika kita mengenakan kaos tangan. 

Pilihlah jaket gunung dengan kualitas Velcro tangan yang baik, karena kita akan sangat sering melepas dan memasang kembali Velcro tersebut.

Pengencang Pinggang

Pinggang orang memiliki ukuran yang berbeda, pilihlah jaket gunung yang memiliki tali pengikat pinggang, sehingga akan memudahkan kita saat memakai jaket gunung tersebut.

Saku atau Kantong

Pilih jaket gunung dengan saku yang sedikit, karena semakin banyak jahitan, maka akan membuat peluang bocornya jaket gunung terhadap angin dan udara akan semakin besar. 

Pilihlah jaket gunung dengan maksimal dua saku di bagian perut, saku tersebut akan sangat berguna untuk dimasukkan saat kita merasa kedinginan. Jika kita meninginkan saku yang lain, pilihlah jaket gunung dengan rahasia saku yang berada di dalam jaket. Selain tersembunyi, saku seperti ini juga lebih aman untuk menyimpan barang saat hujan.

Hoodie

Bagian penting yang juga tidak boleh ketinggalan dalam anatomi sebuah jaket gunung adalah hoodie atau tudung kepala. Hoodie secara fungsional harus waterproof dan windproof seperti body jaket. Sementara dari sisi kontruksinya, hoodie juga dapat didesain dengan lepas pasang (removeable hoodie) atau yang direkatkan permanen (fixed hoodie).

Hoodie pada jaket yang bisa dimasuk dan dibuka adalah sebuah nilai penting dalam pemilihan jaket, pastikan pada jaket gunung yang kita pilih atau miliki ada tersedia hoody tersebut. 

Hoodie akan sangat berguna saat hujan atau panas, berguna untuk membantu melindungi kepala kita. Saat cuaca berangin juga akan melindungi telinga dari tiupan angin gunung. Saat hoody ini dilipat, tentu akan sedikit menekan leher, sehingga leher kita akan lebih terasa hangat.

Warna

Warna adalah bagian penting dalam jaket gunung untuk aktivitas hiking atau mendaki gunung. Alasan utama dari penggunaan warna cerah seperti ini adalah sebagai upaya untuk membuat perbedaan yang jelas dengan lingkungan sekitar.

Jaket gunung dengan warna-warna yang mencolok tentu akan lebih mudah diidentifikasi dan ditemukan serta diselamatkan jika mengalami masalah atau kesulitan saat melakukan aktivitas di gunung. Pada jenis pertolongan melalui udara, sinyal dengan warna semacam ini sangat membantu dan memudahkan prosesnya.

Itulah sebabnya mengapa kita mungkin sering melihat bahwa para pendaki gunung profesional di luar negeri, khususnya di gunung-gunung bersalju, menggunakan jaket atau pakaian yang cerah, mencolok, dan juga kuat.

Warna gelap biasanya dipilih karena warna gelap tidak akan mudah menyerap panas sehingga tidak cocok digunakan saat siang hari. Jaket gunung dengan warna gelap juga akan membuat kita susah terlihat di alam bebas. pilih warna cerah agar kita mudah terlihat dan tidak mudah menyerap panas saat siang hari.

Pilih jaket dengan satu warna, karena satu warna berarti lebih sedikit jahitan untuk menempelkan warna tersebut. Sedikit jahitan akan membuat jaket gunung kita lebih nyaman dipakai saat kondisi hujan maupun berangin.

Warna-warna terang seperti kuning dan merah memang biasanya lebih mudah kotor, namun juga lebih mudah dikenal. Dibandingkan dengan warna gelap yang cenderung menyerap cahaya, warna-warna terang dapat memantulkan cahaya dengan lebih baik. Kita tentu dapat memilih jaket sesuai preferensi Kita sendiri, namun warna terang yang jelas adalah pilihan yang paling tepat untuk mendukung keselamatan.

Komponen Lainnya

Dalam memilih jaket gunung untuk kegiatan alam bebas atau mendaki gunung, tentu saja dibutuhkan pertimbangan yang baik agar mampu memenuhi kebutuhan yang diharapkan. Komponen penyusun jaket gunung juga penting untuk diperhatikan.

Komponen utama dari jaket gunung dapat dilihat dari body jaket, lengan jaket, hoodie jaket, inner jaket, serta adjustment cord.

Adjustment cord pada sebuah jaket gunung ini mungkin terlihat tidak berguna dan remeh. Akan tetapi sebenarnya, adjustment cord adalah sesuatu yang sangat fungsional. 

Adjustment cord yang ada di jaket hoodie dapat menyesuakan ukuran hoodie saat digunakan, sementara adjustment cord yang ada di bagian pinggang juga memberi kenyamanan ekstra dalam gerakan mendaki yang dinamis.

Semua komponen tersebut perlu diperhatikan sebelum akhirnya memilih jaket gunung yang tepat.

Fitur Tambahan

Fitur yang sekarang sudah mulai disematkan di jaket gunung adalah beberapa bagian jaket yang memantulkan cahaya saat tersorot oleh cahaya. Ada juga jaket gunung yang pada bagian depan terdapat sebuah tempat mengikat untuk mengikat atau semacamnya. Serta ada banyak fitur lainnya yang tentunya akan membuat aktivitas kita di gunung semakin nyaman.

Perawatan

Masing-masing jaket gunung memiliki cara perawatan sendiri-sendiri, kita dapat melakukan perawatan terhadap jaket gunung kita bila dilakukan secara benar dan sesuai dengan prosedur atau petunjuk yang sudah tertera pada jaket gunung tersebut. 

Pastikan kita mengetahui cara mencuci dan merawat jaket gunung dengan baik agar umur jaket gunung yang kita miliki dapat bertahan cukup lama.

Terima Kasih dan semoga bermanfaat.

Salam Lestari!

Post a Comment