Tips Memilih Sepatu Gunung

Table of Contents

Tips-Memilih-Sepatu-Gunung

Sepatu untuk mendaki gunung/ hiking merupakan salah satu peralatan dasar yang wajib ada karena memiliki peran yang sangat vital bagi pendakian. 

Hal ini terjadi karena kaki Kita merupakan salah satu anggota tubuh yang paling digunakan saat mendaki.

Aktivitas atau hoby mendaki gunung dinilai keren oleh sebagian orang, mereka berpendapat bahwa tidak semua orang dapat melakukan aktivitas tersebut.

Sebelum melakukan pendakian, ada baiknya Kita menyiapkan beberapa kebutuhan atau perlengkapan yang diperlukan salah satunya adalah sepatu gunung.

Sebagai seorang petualang, tentunya persiapan menjadi salah satu hal yang paling penting untuk menutupi berbagai kebutuhan sepanjang perjalanan. 

Seperti mendaki gunung, merupakan salah satu kegiatan yang memerlukan persiapan matang, selain persiapan fisik dan mental, pastinya Kita juga akan mempersiapkan berbagai peralatan untuk melakukan pendakian seperti baju, celana, carrier, hingga sepatu gunung/hiking.

Berikut di bawah ini ada beberapa tips memilih sepatu gunung yang baik sebagai salah satu persiapan outdoor saat pendakian:

Pilihlah Ukuran Sedikit Longgar

Selama ini mungkin Kita beranggapan bahwa apabila ingin nyaman, maka sebaiknya Kita menggunakan sepatu yang memiliki ukuran pas. Sepatu gunung/hiking dengan ukuran yang terlalu besar atau longgar memang tidak akan nyaman digunakan, bahkan akan menganggu pergerakan dinamis dari kaki Kita. Sedangkan jika terlalu kecil, maka akan menyakitkan saat dikenakan dan berisiko cedera.

Anggapan memilih sepatu gunung yang pas tidak terlalu berlaku saat mendaki gunung, saat mendaki menggunakan sepatu yang berukuran sangat pas bisa menyebabkan cedera pada kaki, paling sering luka pada jari kelingking saat turun gunung. 

Sebaiknya Kita memilih sepatu lebih besar satu ukuran dari ukuran kaki Kita.

Selain menghindari luka pada kaki, sepatu yang sedikit longgar bisa memudahkan Kita untuk menggunakan kaus kaki yang tebal untuk melindungi kaki.

Jangan samakan memilih sepatu biasa dengan sepatu gunung. 

Jika penggunaan sepatu biasa harus pas di kaki, sedangkan sepatu gunung harus memiliki ukuran yang sedikit besar dari yang biasanya digunakan.

Mengapa demikian? Hal tersebut tentu berguna untuk menghindari jari kaki yang akan  merasa tidak nyaman saat turun gunung. 

Alasan dari pemilihan sepatu yang sedikit besar juga membuat Kita dapat mengenakan kaus kaki tebal selama masa pendakian. Kaos kaki ampuh untuk kaki Kita dari udara dingin dimalam hari saat di gunung.

Bahan Sepatu Gunung yang Digunakan

Bahan sepatu gunung merupakan salah satu pertimbangan yang sangat penting sekali dalam memilih sepatu gunung yang digunakan dalam mendaki gunung. 

Pilihlah bahan sepatu gunung yang nyaman di gunakan untuk melakukan perjalanan jarak jauh dengan kondisi perjalanan yang terjal. 

Sepatu yang terbuat dari bahan kulit biasanya akan unggul pada daya tahan, kekuatan, anti air, hingga sirkulasi udara yang baik. Namun biasanya jenis sepatu ini biasanya cukup berat saat digunakan. 

Sedangkan jenis lainnya, seperti sepatu yang berbahan campuran kulit dan karet sintetis, biasanya mempunyai berat yang lebih ringan. 

Namun untuk masalah daya tahan dan kekuatan memang tidak lebih baik dari sepatu berbahan kulit.

Namun sepatu gunung yang terbaik untuk di gunakan pada saat mendaki gunung atau hiking biasanya terbuat dari bahan kulit sintetis. 

Bahan ini dapat memberikan sirkulasi udara untuk kaki dan juga waterproof saat terkena air. 

Alangkah baiknya Kita memilih sepatu gunung dengan sol yang lebih tinggi juga karena akan sangat memudahkan Kita dalam menghadapi trek bermedan bebatuan, tanah, ataupun basah. 

Dan juga, sebaiknya hindari sepatu gunung/hiking dengan bahan kanvas karena mudah robek saat menghadapi trek bermedan ekstrim.

Keamanan sepatu akan terjamin, jika sepatu yang Kita pakai memiliki bahan dan material berkualitas. Tidak hanya aman material tersebut harus nyaman di medan yang terjal. Biasanya bahan yang digunakan pada sepatu ini menggunakan bahan kulit sintetis yang memiliki ketahanan yang baik. 

Jika Kita sering mengalami kaki berkeringat dan kulit kaki yang melepuh bahan Sympatex dan Gore-Tex ini yang akan membuat rongga udara pada kaki dapat bernafas. 

Sepatu gunung harus memiliki ketahanan pada air, sehingga meskipun daerah dalam keadaan tidak baik sepatu dapat terjaga kenyamanannya saat digunakan. 

Dan (ini yang sering dilupakan), jangan lupa untuk merawat sepatu gunung atau hiking dengan baik dan benar, jika tidak kulit sepatu gunung Kita akan mudah pecah-pecah.

Berikut beberapa tips untuk merawat sepatu gunung:

Tidak ada sepatu gunung yang benar-benar murah dengan kualitas yang bagus. Dengan harga yang tidak murah ini, Kita harus bisa merawat sepatu gunung Kita dengan baik. Kita tidak ingin kan, sudah mengorbankan untuk membeli sepatu ini malah dikemudian hari Kita tidak bisa memakainya setelah itu dibuang.

1. Bersihkan Sebelum Disimpan

Pertama-pertama yang harus Kita lakukan adalah membersihkan sepatu sebelum Kita simpan. 

Hal ini akan membuat sepatu gunung milik Kita menjadi awet dan tahan lama serta berumur panjang. 

Cara yang mudah untuk membersihkannya, Kita dapat mencucinya menggunakan air dan shampoo khusus untuk sepatu gunung kamu. 

Pakai sikat yang lembut, hindari pemakaian deterjen dan sikat keras. Hal itu akan merusak material dan bahan dari sepatu gunung Kita.

2. Keringkan Sepatu Gunung dengan Diangin-anginkan

Selanjutnya setelah dicuci bersih, tahap kedua yang harus Kita lakukan untuk sepatu gunung Kita adalah mengeringkannya. 

Ada trik khusus ketika Kita ingin mengeringkan sepatu Kita. Gunakan kanebo atau kertas lalu tekan-tekan bagian dalam dan luar sepatu hingga tidak dapat menyerap air. 

Kemudian, baru Kita keringkan sepatu gunung Kita dengan cara diangin-anginkan secara alami. 

Jangan lakukan pengeringkan sepatu gunung dibawah paparan sinar matahari langsung. Agar menghindari rusaknya material dan memudarnya warna sepatu. 

Cara yang baik saat mengeringkan sepatu dengan menggantungkan sepatu dengan memposisikan bagian atas sepatu menghadap kebawah.

3. Disimpan Pada Rak Terbuka

Tahap selanjutnya, simpanlah sepatu gunung pada rak terbuka. Jangan lupa untuk mensisipkan silica gel agar sepatu tidak lembab. Simpan sepatu dimanapun yang memiliki suhu ruangan stabil dan normal. 

Tapi jangan simpan sepatu gunung Kita di garasi, dalam mobil, ataupun loteng karena di tempat tersebut suhu akan cepat meningkat. Suhu yang sangat panas dapat mempercepat kerusakan sepatu. Simpan sepatu gunung Kita jangan tertindih dengan sepatu lain.

4. Untuk Menjaga Bentuk Sepatu Gunung Kita, Gunakan Ganjalan

Selanjutnya adalah buatlah ganjalan untuk bagian dalam sepatu gunung Kita menggunakan kepalan kertas yang dimasukkan. Usahakan kertas yang Kita pakai adalah kertas polos. 

Jika Kita memakai kertas koran, ditakutkan tinta koran tersebut akan luntur dan menempel pada sepatu gunung kita. Ganjalan kertas ini berfungsi untuk menjaga bentuk sepatu pada keadaan semula.

5. Lap Secara Berkala

Tahap terakhir, Kita tidak mungkin setiap minggu akan melakukan aktivitas mendaki gunung atau hiking, bukan? Pasti ada kala dimana Kita tidak akan menggunakan sepatu gunung. 

Jika Kita tidak memakainya, Kita harus tetap merawat sepatu gunung dengan cara mengelap sepatu secara berkala agar tidak berjamur atau berdebu. 

Kita dapat menggunakan kanebo dan lap sepatu gunung Kita dengan perlahan. Bersihkan sepatu dari kotoran yang menempel pada sepatu gunung Kita.

Memeriksa Leher Sepatu

Terdengar sepele memang, namun leher permukaan leher sepatu sangat berpengaruh pada aktivitas mendaki gunung. Kita harus memastikan bahwa leher sepatu yang akan digunakan memiliki tekstur yang halus. 

Tentu pemeriksaan leher sepatu ada alasannya tersendiri. Ketika mendaki, bawah leher sepatu yang paling sering bergesekkan dengan bawah tumit, jika teksturnya kasar maka bisa membuat nyeri dan sakit.

Bagian leher sepatu adalahh bagian yang akan bergesekan dengan atas tumit sehingga jika kondisi leher sepatu keras maka tumit juga akan mudah terluka. Luka ini makin cepat timbul saat Kita berjalan dalam waktu yang lama. Jadi saat memilih sepatu gunung atau hiking lihat bagian leher sepatunya apakah cukup lembut sehingga bisa mengurangi gesekan dan bagian atas tumit terlindungi.

Sesuaikan Dengan Trek/Medan Pendakian

Kita harus mengetahui terlebih dahulu kondisi trek atau medan perjalanan Kita saat mendaki. 

Dengan mengetahui kondisi trek  saat perjalanan, Kita pastinya dapat memilih sepatu gunung yang lebih cocok dan lebih kuat. 

Kita juga harus memiliki visi saat perjalanan, kemungkinan buruk apa yang mungkin terjadi.

Sebagai salah satu peralatan outdoor yang sangat penting, sepatu gunung harus disesuaikan dengan medan pendakian. 

Jika Kita ingin mendaki pada pegunungan di medan pendakian ringan seperti bukit dapat menggunakan sandal gunung berleher pendek. 

Begitu Pula sebaliknya, jika medan pendakian area yang sulit dan tinggi maka wajib memakai sepatu gunung yang lehernya sedikit tinggi minimal di atas mata kaki.

Perlu diketahui, bahwa ada beberapa jenis yang ada pada sepatu gunung terdapat dua macam di dalamnya yaitu, sepatu yang memiliki leher pendek, berleher sedang, dan berleher tinggi. 

Kegunaan pada masing-masing jenis ini juga berbeda-beda untuk medan yang akan Kita daki. 

  • Untuk sepatu dengan leher yang tinggi disarankan untuk para pendaki dengan medan yang terjal dan berat. Fungsi dari leher tinggi ini untuk melindungi mata kaki dari lecet dan cedera yang memungkinkan saat mendaki. 
  • Selanjutnya, untuk sepatu dengan leher sedang dan leher pendek digunakan untuk gunung dengan medan yang ringan atau bisa juga untuk sekedar olahraga outdoor. Nah, karena sepatu ini memiliki leher yang sedang tentu melindungi kaki, tetapi tidak keseluruhan. Jika Kita paksakan sepatu ini dimedan yang berat, ini akan membuat kaki Kita akan rentan dari cedera dan lecet. Jadi, penting untuk Kita ketahui bahan yang cocok untuk sepatu gunung pada saat Kita mendaki gunung atau hiking.

Sepatu gunung biasanya memiliki dua jenis, ada yang berleher panjang dan berleher pendek dengan fungsi yang berbeda pula. Apabila Kita mendaki gunung dengan tanjakan yang tidak terlalu terjal, sebaiknya Kita menggunakan sepatu gunung berleher pendek. Apabila Kita akan mendaki gunung dengan medan yang sangat terjal, cuaca ekstrim, dengan jangka waktu yang lama, pasti nya sepatu hiking berleher panjang akan sangat membantu perjalanan Kita.

Kualitas Sol Sepatu

Ada point yang lebih penting lagi yakni kualitas sol sepatu. Kita wajib memilih sepatu dengan kualitas yang kuat. 

Fungsi dari sol sepatu yang berkualitas adalah tidak mudah menipis jika sering digunakan, menapak tajam saat berjalan di medan berbatu, dan licin.

Saat membeli atau memilih sepatu gunung yang Kita idam-idamkan hal penting berikutnya untuk Kita ketahui adalah sol dari sepatu gunung ini. Kekuatan sol sepatu selalu menjadi pertimbangan dalam memilih sepatu gunung yang akan Kita beli atau pilih. Karena, medan yang akan Kita lalui pasti terjal dan berat ini tidak memungkinkan sepatu biasa saja dapat melaluinya.

Pilihlah sol sepatu dengan punggung yang tinggi agar di saat Kita melakukan pendakian sepatu gunung ini akan menancap dengan baik pada permukaan tanah. 

Ada beberapa jenis sol untuk sepatu gunung ini mulai dari yang soft, sedang, hingga yang keras. 

  • Untuk sol yang soft sangat bagus untuk Kita melintasi bebatuan, 
  • Dan untuk sol yang keras dapat mengurangi traksi dengan permukaan berbatu.
  • Pada pegunungan Indonesia disarankan untuk memakai sol dengan jenis yang sedang. Permukaan medan yang akan dilalui pendaki di sini cenderung pada kombinasi bebatuan yang licin, tanah yang lembek dan juga lumut. 

Jangan lupa untuk memilih sepatu gunung dengan jahitannya mengikuti struktur bentuk kaki Kita untuk memberikan rasa nyaman ketika dalam perjalanan. 

Selanjutnya, pilihlah juga sepatu gunung dengan punggung yang besar, lentur, dan kuat yang terbuat dari bahan karet atau sintetis.

Sebaiknya Kita memilih sepatu gunung dengan sol yang lebih tinggi karena akan sangat memudahkan Kita dalam menghadapi trek bermedan bebatuan, tanah, ataupun basah.

Jangan Terpaku Dengan Harga

Pada saat memilih sepatu gunung atau hiking, jangan pernah terpaku oleh harga.

Harga sepatu gunung atau hiking memang ada yang murah dan terlihat menggiurkan, namun ada pula kualitas yang ditawarkan. 

Sepatu gunung atau hiking dengan harga mahal tentu akan memiliki kualitas yang lebih baik apabila dibandingkan dengan sepatu gunung atau hiking yang dijual dengan harga lebih murah. 

Namun hal ini tidak sepenuhnya berlaku pada sepatu gunung atau hiking

Tidak semua sepatu gunung atau hiking dengan harga yang mahal memiliki kualitas yang lebih baik. Sebaiknya Kita memilih sepatu gunung atau hiking dengan cermat dan berhati- hati.

Pertimbangkan Beban Pendakian

Sebaiknya Kita perkirakan terlebih dahulu berat beban yang akan Kita bawa saat pendakian. Semakin berat beban yang Kita bawa, semakin tinggi pula kualitas sepatu yang dibutuhkan. 

Misalnya saat Kita menggunakan sepatu gunung yang dikhususkan untuk penggunaan pendakian ultralight, maka sepatu tersebut bisa saja cepat rusak apabila Kita mendaki dengan gaya konvensional, dimana titik berat berada pada banyaknya barang bawaan.

Kesimpulan

Aktivitas mendaki gunung bukanlah sebuah aktivitas yang mudah. Kita perlu banyak persiapan untuk mendaki sebuah gunung. 

Selain fisik yang prima, Kita juga harus memiliki peralatan yang mumpuni untuk keselamatan dan kenyamanan. 

Sepatu gunung atau hiking adalah peralatan pertama dan sangat penting yang harus Kita miliki. 

Memiliki sepatu gunung atau hiking yang berkualitas akan membantu melindungi kaki saat mendaki gunung atau hiking.

Tips memilih sepatu gunung yang baik perlu dilakukan sebagai langkah awal untuk persiapan mendaki gunung. Sepatu gunung menjadi salah satu perlengkapan sangat penting sama seperti alat perlindungan diri.

Peralatan merupakan salah satu persiapan yang sangat penting, apabila Kita sudah mendapatkan sepatu gunung yang cocok, jangan sampai lupa persiapan peralatan lainnya seperti carrier, tenda, hingga nesting untuk memasak. 

Selamat mendaki dan bawa turun sampahmu...

Salam Lestari!

Post a Comment