Trangia, Kompor Portabel dari Swedia

Table of Contents

Trangia,-Kompor-Portabel-dari-Swedia

Trangia adalah lini kompor portabel berbahan bakar alkohol yang diproduksi oleh perusahaan Swedia Trangia AB di Trångsviken.

Kompor ini dirancang khusus untuk backpacker, dengan fokus pada bobot yang ringan, daya tahan, dan desain yang sederhana.

Sejarah Trangia

Trangia,-Kompor-Portabel-dari-Swedia
Foto 1

Trangia didirikan pada tahun 1925 oleh John E. Jonsson. Kecintaan nya pada teknologi dan semangatnya sebagai desainer ditunjukkan sejak usia dini. 

Menolak kehidupan sebagai petani, John dan ayah mertuanya memutuskan untuk memulai perusahaan yang selama beberapa generasi telah memimpin industri tungku tahan angin Swedia. 

Mereka mulai membuat pot rumah tangga dari aluminium. Namun, karena jumlah hari libur meningkat untuk pekerja Swedia pada 1930-an, permintaan peralatan berkemah meningkat. 

Trangia memutuskan untuk fokus pada pengembangan produk memasak khusus untuk berkemah.

Pada tahun 1938, dua putra John, Olle dan Erik, mulai bekerja dengan ayah mereka dan pada tahun 1951 prototipe pertama sistem kompor Trangia dikembangkan dan diluncurkan. 

Ide nya adalah untuk membangun sistem memasak yang ringkas dan lengkap yang membakar bahan bakar cair, karena ini adalah bentuk bahan bakar yang paling efisien dan juga yang paling mudah digunakan. 

Pada 1970-an, putra Erik, Bengt dan Lennart, bergabung dengan ayah mereka di Trangia. 

Hari ini Bengt adalah CEO dan Lennart bertanggung jawab untuk pengembangan teknis. 

Perusahaan dan daya cipta nya telah diturunkan dari generasi ke generasi dan dalam beberapa tahun terakhir generasi ke-4 mulai mengambil peran aktif dalam perusahaan.

Nama Trangia berasal dari desa Trång. John memutuskan untuk menghapus lingkaran di atas "a" dan kemudian menambahkan "ia" untuk "dalam aluminium". 

Selama beberapa dekade, nama tersebut telah menjadi salah satu merek pasar luar ruang terkuat baik di Swedia maupun internasional. 

Trangia mewakili pengalaman panjang, kompetensi yang solid, dan desain modern. 

Kompor Trangia selama 60 tahun telah dikembangkan dan disempurnakan. Trangia kompor masih diproduksi di Swedia, di desa yang sama di mana John E. Jonsson memulai bisnis 90 tahun yang lalu. 

Kedekatan pegunungan telah membuat tes praktis dalam kondisi cuaca yang keras, bagian alami dari bisnis. 

Detail telah di-modernisasi dan fungsi telah dioptimal kan. Namun, desain orisinal dan cerdik masih menjadi kunci kesuksesan kompor Trangia saat ini.

Prinsip Trangia

Trangia,-Kompor-Portabel-dari-Swedia
Foto 2

Inti dari sistem kompor tahan badai adalah kaca depan dua bagian. Lubang ventilasi di kaca depan bawah diputar menghadap angin untuk meningkatkan suplai oksigen ke burner. 

Jika angin menjadi terlalu kencang, kompor dinyalakan untuk mempertahankan nyala api yang dibutuhkan. 

Pembakar spiritus Trangia menggunakan tenol atau spiritus termetilasi yang ber-biaya rendah, aman dan tersedia. Penggorengan/ penutup gabungan dapat diletakkan di atas wajan untuk mempercepat pemanasan dan menghemat bahan bakar. 

Kompor berdiri dengan stabil, dengan panci pada penyangga nya tersembunyi di kaca depan bagian atas. Penyangga nya diputar ke atas saat penggorengan digunakan. 

Kompor Trangia juga dapat digunakan dengan kompor gas, multifuel atau gel, yang semuanya dapat ditemukan di rangkaian aksesori The Trangia.

Kualitas, Lingkungan dan Tanggung Jawab

Di Trangia, kualitas mencakup pengembangan khusus di semua bidang bisnis kami, termasuk pilihan material, manufaktur, desain, kinerja, dan keselamatan.

Trangia kompor selalu diproduksi di pegunungan Jämtland di utara Swedia. 

Dengan semua bagian dari perusahaan berkumpul di satu tempat, dekat dengan alam, kami dapat memastikan bahwa setiap detail di kompor berkemah kami menunjukkan kualitas yang sebenarnya. 

Pemikiran lingkungan terbukti dengan sendirinya bagi kita yang hidup dekat dengan alam. 

Oleh karena itu, produksi kami di-optimal-kan secara lingkungan, termasuk air yang digunakan selama perawatan permukaan yang menjalani pemurnian total sebelum meninggalkan pabrik. 

Kemasan dibuat dari karton yang disetujui lingkungan dan 100% dapat di daur ulang. Karton termasuk dalam sistem ”Der Grüne Punkt” Jerman.

Timeline – Trangia dari tahun 1925

1925 Trangia didirikan

Trangia didirikan pada tahun 1925 di desa Trångsviken, Jämtland. Mereka mulai dengan membuat peralatan rumah tangga dari aluminium, untuk dapur di rumah.

2019 Paket Perkemahan pertama

Trangia memutuskan untuk fokus pada pengembangan produk memasak terutama untuk berkemah. 

Perangkat berkemah pertama datang dan mendapat nama no.24

2019 Mini Trangia 

Mini Trangia 28 diproduksi. Kompor untuk 1 orang. 1st gen, semua dalam aluminium. 

Kemudian di penggorengan antilengket merah & sekarang dengan hitam.

2019 Kompor gas ke kompor Trangia

Pembakar gas datang sebagai pilihan untuk kompor. Diproduksi untuk waktu yang singkat oleh Camping Gaz, kemudian oleh Scorpion (tidak dalam gambar), Epi Gas & Primus.

2019 Material Baru – Duossal

Saatnya materi baru lagi, DUO SS AL. Dua bahan dalam satu ditekan bersama, stainless & aluminium. Hadir dalam panci & wajan

2019 Kompor Gas dari Primus

Sekarang kami mengganti produsen Gas Burner kami ke Primus & masih seperti sekarang.

2019 Titan

Wajan dan penggorengan diproduksi selama sekitar 10 tahun di Titan. Bahan yang keras & bagus, tetapi memiliki konduksi panas yang sedikit kurang baik.

2019 Trangia Multidisc

Aksesori baru mulai terbentuk, Multidisc. Mengikuti ide dari mahasiswa dengan perusahaan UF mereka (Young Enterprise)

2019 Pembakar multifuel

Model pembakar Multifuel pertama kami diproduksi oleh Optimus selama sekitar 10 tahun. Pada tahun 2010 Primus mengambil alih & kemudian disebut X2.

2019 UL & HA!

Trangia beralih dari aluminium standar ke aluminium Ultralight & Aluminium anodized keras menggantikan Titan.

2019 Kompor Trangia

Prototipe pertama kompor Trangia diluncurkan dan mendapat nama no 25.

2019 Model 27 

Di akhir tahun 50-an, kompor Trangia hadir dalam model yang lebih kecil, no 27.

2019 Pembakar dipindahkan

Kami memindahkan duduk-an untuk pembakar dari kaca depan atas ke bawah, seperti yang terlihat hari ini.

2019 Pembakar Militer

Antara 1964-76 Trangia memproduksi pembakar spiritus yang merupakan bagian dari satu set untuk Angkatan Darat Swedia. 

Versi yang lebih besar dari pembakar asli.

2019 Pembaruan pada kompor Trangia

Trangia,-Kompor-Portabel-dari-Swedia
Foto 3

Pegangannya dibuat dengan lubang udara yang dimilikinya saat ini. Kait & cincin di kaca depan mengubah bahan menjadi baja tahan karat

Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Salam Lestari!


Sumber: https://trangia.se/

Post a Comment