Buku Rencana Strategis (Renstra) KLHK Tahun 2020 - 2024

Table of Contents

Buku Rencana Strategis (Renstra) KLHK


Gunung Hutan - Buku Rencana Strategis Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (RENSTRA KLHK) Tahun 2020-2024 dapat diselesaikan tepat pada waktunya dan mudah-mudahan memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan RENSTRA KLHK periode sebelumnya.

Proses penyusunan RENSTRA KLHK ini diawali dengan berbagai diskusi dan studi teknokratik yang melibatkan seluruh unsur lingkup KLHK serta turut mengawal proses RPJMN teknokratik 2020-2024 yang secara paralel dilakukan oleh Bappenas. 

Mengingat isu dan permasalahan terkait lingkungan hidup dan kehutanan sangat dinamis dan dapat berubah mengikuti perkembangan target dan prioritas nasional, maka bisa jadi dalam tahap selanjutnya dokumen ini juga akan mengalami penyesuaian.

Sasaran strategis yang telah disepakati dan akan dicapai pada tahun 2020-2024 oleh KLHK adalah sebagai berikut: 

  • Terwujudnya lingkungan hidup dan hutan yang berkualitas serta tanggap terhadap perubahan iklim; 
  • Tercapainya optimalisasi pemanfaatan sumber daya hutan dan lingkungan sesuai dengan daya dukung dan daya tampung lingkungan;
  • Terjaganya keberadaan, fungsi dan distribusi manfaat hutan yang berkeadilan dan berkelanjutan; dan 
  • Terselenggaranya tata kelola dan inovasi pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan (LHK) yang baik serta kompetensi SDM LHK yang berdaya saing.

Selanjutnya, Rencana Strategis (Renstra) KLHK Tahun 2020 - 2024 tertuang dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor P.16/MENLHK/SETJEN/SET.1/8/2020 Tentang Rencana Strategis Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Tahun 2020-2024.

Dengan tersusunnya RENSTRA KLHK Tahun 2020-2024, pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan untuk 5 (lima) tahun ke depan telah memiliki arah kebijakan dan strategi yang jelas dalam rangka mendukung tercapainya target pembangunan nasional serta visi Presiden dan Wakil Presiden, yaitu “Terwujudnya Indonesia Maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian berlandaskan gotong-royong”.

Demikianlah informasi yang dapat Admin sampaikan mengenai Buku Rencana Strategis (Renstra) KLHK Tahun 2020 - 2024, semoga dapat bermanfaat.

Untuk informasi selengkapnya mengenai Buku Rencana Strategis (Renstra) KLHK Tahun 2020 - 2024 dapat di download pada tab unduhan di bawah ini:


Buku Renstra KLHK Tahun 2020 - 2024


Terima Kasih.

Salam Lestari!

Post a Comment