Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Kesempatan Berkarir dalam Pelestarian Harimau Sumatera

Pelestarian Harimau Sumatera


Gunung Hutan - Forum HarimauKita sedang membuka Kesempatan Berkarir dalam Pelestarian Harimau Sumatera.

Calon pelamar dipersilakan untuk mengirimkan surat pengantar dan resume dengan menyertakan sedikitnya satu referensi ke recruitment@harimaukita.or.id paling lambat tanggal 11 September 2022

Tidak ada korespondensi, hanya kandidat terpilih yang akan dihubungi kembali.

Tentang HarimauKita

Forum HarimauKita (FHK) merupakan sebuah forum kolaboratif yang bekerja untuk melindungi keberadaan harimau sumatera dengan visi melestarikan harimau sumatera agar dapat hidup harmonis berdampingan dengan manusia.

FHK didikan pada tahun 2008, yang digerakkan oleh kelompok sipil yang mendedikasikan diri mereka untuk pelestarian populasi harimau sumatera tersisa di alam. 

Harimaukita telah memiliki anggota lebih dari 100 orang dan professional yang berasal dari sekitar 26 lembaga swadaya masyarakat (NGO) di Indonesia dan didukung oleh lebih dari 300 relawan yang tergabung dalam jaringan relawan Forum HarimauKita dengan nama Tiger Heart. 

FHK didukung oleh lebih dari 300 relawan yang tergabung dalam Tiger Heart dan juga mitra kolaborasi seperti FFI, WCS, WWF dan ZSL.

FHK berkedudukan di Bogor, Indonesia dan secara legal telah terdaftar sebagai sebuah organisasi resmi oleh Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia. 

FHK dipimpin oleh seorang ketua dan sekretaris yang dipilih langsung dari anggota dan staf program yang bekerja secara waktu penuh (full time). 

Sejak didirikan, FHK telah berpartisipasi dalam berbagai kegiatan pelestarian harimau sumatera di tingkat nasional maupun di tingkat tapak.

Kesempatan Berkarir

Saat ini Forum HarimauKita sedang membuka kesempatan bagi anda yang ingin bekerja untuk pelestarian harimau sumatera.

Dalam rangka meningkatkan kapasitas Forum HarimauKita dalam memainkan peran strategis untuk konservasi harimau sumatera, kami membuka kesempatan bekerja dengan posisi sebagai berikut:

ITHCP Field Officer

yang bersangkutan akan melapor kepada Executive Officer Forum HarimauKita dan Konsorsium Kerabat (Implementor Proyek ITHCP Tahap III) dan bekerja secara langsung bersama staf Forum HarimauKita.

Integrated Tiger Habitat Conservation Program (ITHCP) merupakan proyek pelestarian harimau sumatera berbasis masyarakat yang saat ini telah memasuki tahap ketiga. 

Berlokasi di kawasan Suaka Margasatwa Bukit Rimbang Bukit Baling, proyek ini bertujuan untuk memastikan bahwa masyarakat di kawasan Rimbang Baling dapat aktif berpartisipasi dalam pelestarian harimau sumatera sebagai dampak dari upaya konservasi inklusif dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Sebagai bagian dari proyek ITHCP Tahap III, Forum HarimauKita berperan dalam memastikan ketercapaian stabilitas populasi dan habitat harimau pada tahun 2024 dengan partisipasi aktif dari masyarakat (Outcome 1). 

Perlindungan populasi dan habitat memerlukan survei secara rutin dan patroli pengamanan kawasan yang didukung dengan pengawasan terhadap potensi perburuan dan kejahatan satwa liar lainnya. 

Untuk mengedepankan partisipasi langsung masyarakat, kegiatan survei dan patroli akan dilaksanakan secara langsung oleh kelompok survei warga setempat dengan mengadopsi kerangka adat.

Kualifikasi dan Pengalaman

  • Pendidikan minimal S1 (pengalaman 2 tahun) atau S2 (pengalaman 1 tahun) dari jurusan Biologi, Kehutanan, Ilmu Lingkungan, Sains, atau bidang sejenis yang relevan.
  • Memahami dan/atau berpengalaman dalam survei biodiversitas, patroli pengamanan kawasan, dan pengelolaan data biodiversitas (pengalaman dalam survei menggunakan camera trap/ survei okupansi akan menjadi nilai tambah)
  • Memiliki kemampuan koordinasi dan komunikasi yang baik dengan mitra dari berbagai latar belakang.
  • Memiliki kemampuan komunikasi yang baik dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris secara verbal dan tertulis (Bahasa Inggris dibuktikan dengan hasil tes institusional atau tes prediksi).
  • Memiliki kemauan dan kemampuan untuk mempelajari keahlian tambahan yang relevan dengan tugas di lapangan.
  • Mampu mengendarai kendaraan bermotor roda dua dan memiliki SIM C yang aktif.

 

Terms of Reference - ITHCP Field Officer


Data Coordination Officer

Data Coordination Officer berkoordinasi dengan Project Officer dalam pelaksanaan tugasnya dan melapor pada Executive Officer FHK.

Sebagai bentuk upaya penguatan peran dan posisi FHK sebagai pusat rujukan konservasi harimau sumatera baik secara nasional maupun global, saat ini FHK mengelola data dan informasi terkait harimau sumatera dari berbagai sumber, antara lain melalui kegiatan monitoring media, Sumatra-Wide Tiger Survey (SWTS), dan patroli berbasis SMART. 

Pengelolaan data secara efektif dan efisien dapat menghasilkan sumber informasi yang krusial untuk evaluasi program, perencanaan manajemen, dan edukasi konservasi.

Kualifikasi dan Pengalaman

  • Lulusan S1 Kehutanan/ Biologi/ bidang sejenis yang relevan.
  • Pengalaman minimal 2 tahun di bidang konservasi.
  • Skill dan keahlian:
    • Intermediate skills dalam penggunaan media penyimpanan cloud drive (Gdrive), perangkat lunak Microsoft Word, Power Point, Excel, GIS (ArcGIS/ QGIS), dan statistika (R/SPSS/ STATA/ software serupa)
    • Intermediate skills dalam statistika deskriptif.
    • Kemampuan koordinasi dan komunikasi yang baik.
    • Kemampuan komunikasi dalam Bahasa Inggris secara verbal dan tertulis (dibuktikan dengan hasil tes Bahasa Inggris institusional atau tes prediksi).
    • Pemahaman atas analisis patch occupancy akan menjadi nilai tambah.
    • Partisipasi dalam kegiatan survei/ monitoring satwa liar akan menjadi nilai tambah.

Kemampuan Excel, GIS, dan aplikasi statistika akan diuji pada saat wawancara.


Terms of Reference - Data Coordinating Officer


Administration and Finance Assistant

yang bersangkutan akan bertanggungjawab langsung kepada ketua Forum HarimauKita dan Konsorsium ITHCP dan bekerja secara langsung bersama staf Forum HarimauKita.

Kualifikasi dan Pengalaman

  • Minimal pengalaman 1 tahun di bidang finance/ akuntansi/ sejenis, pengalaman bekerja di lingkungan NGO akan menjadi nilai tambah.
  • Pemahaman yang baik terhadap prinsip-prinsip dasar akuntansi.
  • Pemahaman yang baik terhadap konsep cash flow, pembukaan keuangan, bank statement, dan bank reconciliation.
  • Pemahaman yang baik terhadap aturan perpajakan (PPh 21 dan PPh 23)
  • Perhatian terhadap detail dan akurasi laporan keuangan.
  • Profisiensi dalam menggunakan aplikasi Ms. Word dan Ms. Excel (pemahaman/ pengalaman dalam aplikasi SANGO akan menjadi nilai tambah).
  • Pengalaman dalam manajemen keuangan donor/ proyek akan menjadi nilai tambah.


Terms of Reference - Admin and Finance Assistant ITHCP_V0


Demikianlah informasi yang dapat Admin bagikan tentang Kesempatan Berkarir dalam Pelestarian Harimau Sumatera, semoga dapat bermanfaat.

Salam Lestari!


Sumber: https://harimaukita.or.id/

Post a Comment for "Kesempatan Berkarir dalam Pelestarian Harimau Sumatera"