Ciletuh, Pelabuhanratu: Global Geopark (2018)

Table of Contents

Ciletueh,-Pelabuhan-Ratu:-Global-Geopark-(2018)

Ciletuh Palabuhanratu resmi mendapatkan predikat sebagai UNESCO Global Geopark (UGG) dalam sidang Executive Board UNESCO ke-204 pada 12 April 2018 di Paris, Prancis.

Pengajuan Ciletuh Palabuhanratu sebagai UGG dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan telah melalui tahap penilaian sejak bulan Agustus 2017. 

Ciletuh Palabuhanratu terletak di pulau Jawa, di sebelah barat Kabupaten Sukabumi Provinsi Jawa Barat. 

Geopark ini terletak di perbatasan zona aktif tektonik: zona subduksi antara lempeng Eurasia dan lempeng Indo-Australia, yang terus menyatu 4 milimeter per tahun. 

Ciletueh,-Pelabuhan-Ratu:-Global-Geopark-(2018)

Daerah ini ditandai oleh keanekaragaman geologi yang langka dan dapat diklasifikasikan menjadi tiga zona yaitu sebagai berikut: 

  • Zona subduksi batu terangkat, 
  • Zona lanskap Dataran Tinggi Jampang dan 
  • Zona pergeseran magmatik kuno dan evolusi face arc. 

Bukti proses subduksi yang terjadi selama zaman Kapur (145-66 juta tahun lalu) ditemukan di daerah Ciletuh dalam bentuk formasi batuan yang tersimpan di palung subduksi bagian dalam. 

Formasi batuan tersebut terdiri dari Ophiolite, Metamorf, batuan sedimen dalam, dan area percampuran bebatuan yang dikenal sebagai formasi batuan permukaan tertua di Jawa Barat. 

Sektor pariwisata merupakan sumber pendapatan utama. 

Wisatawan dapat menikmati keindahan pemandangan Ciletuh seperti air terjun, pantai, sumber air panas, sungai, gunung, cagar alam, konservasi penyuserta mengamati langsung kehidupan budaya Sunda. 

Ciletueh,-Pelabuhan-Ratu:-Global-Geopark-(2018)

Beberapa aspek dari Ciletuh Palabuhanratu yang dinilai memenuhi persyaratan sebagai UGG antara lain adalah sebagai berikut: 

  • geodiversity (keanekaragaman kondisi geologi), 
  • biodiversity (keanekaragaman hayati) dan 
  • culture diversity (keanekaragaman budaya). 

Dari segi budaya, beberapa komunitas desa masih menjalankan tradisi leluhur Kasepuhan, khususnya di bidang pertanian yang dikenal dengan Tatanen. 

Keterlibatan masyarakat setempat dalam inisiatif konservasi, edukasi dan promosi geopark menjadi faktor utama dalam program pembangunan berkelanjutan. 

Ciletueh,-Pelabuhan-Ratu:-Global-Geopark-(2018)

Melalui program pemberdayaan masyarakat, Ciletuh Palabuhanratu Geopark bertujuan untuk memberikan akses dan kemandirian yang lebih besar kepada masyarakat.

Salam Lestari!

Post a Comment