Gunung Sewu: Global Geopark (2013)

Table of Contents

Gunung-Sewu:-Global-Geopark-(2013)

Awal mulanya bernama Geopark Pacitan, Gunung Sewu ditetapkan sebagai Geopark Nasional pada tanggal 13 Mei 2013 oleh Komite Geopark Indonesia dan selanjutnya diajukan ke UNESCO Global Geopark pada September 2013.

Pada tanggal 21 September 2015, Gunung Sewu akhirnya resmi ditetapkan sebagai Geopark Global UNESCO setelah melengkapi 9 (sembilan) butir rekomendasi GGN-UNESCO, beberapa di antaranya adalah pembangunan dan pengembangan objek konservasi, pendidikan, dan pertumbuhan ekonomi setempat melalui geo-tourism dan geo-product.

Terletak di Pegunungan Selatan Jawa Timur, Gunung Sewu membentang dari timur ke barat sepanjang 120 kilometer. 

Zona depresi yang ditempati oleh gunung berapi aktif Merapi dan Lawu menjadi pembatas di bagian utara, sedangkan di bagian selatan berbatasan dengan Samudera Hindia. 

Gunung-Sewu:-Global-Geopark-(2013)
Gambar 1

Kawasan Gunung Sewu yang berada di ketinggian antara 5 m s.d. 700 m di atas permukaan laut (mdpl), memiliki jajaran gunung batu zaman Paleogen Atas dan ribuan perbukitan batu kapur yang berusia lebih muda. 

Geologi daerah Gunung Sewu merupakan hasil dari berbagai deposisi dan proses tektonik, serta juga dari proses surface (permukaan). 

Gunung-Sewu:-Global-Geopark-(2013)
Gambar 2

Proses terakhir ini menghasilkan hamparan bebatuan karbonat dengan variasi bentuk yang mengikuti bentang alam, beragam fosil, struktur deformasi, dan keunikan hidrogeologi.

Gunung Sewu UNESCO Global Geopark adalah lanskap karst tropis klasik di bagian tengah selatan Pulau Jawa yang terkenal di dunia dan didominasi oleh batu kapur. 

Batu kapur tersebut berumur Neogen dan terdiri dari fasies klastik berkapur jenis Tufa (formasi Oyo dan Kepek) serta fasies terumbu karang (formasi Wonosari). 

Sampai hari ini, masih terdapat aktivitas tektonik di wilayah ini karena Gunung Sewu terletak di depan zona subduksi aktif antara Samudra Hindia, Australia, dan lempeng Eurasia. 

Peningkatan aktif terjadi sejak 1,8 juta tahun dan menghasilkan teras sungai yang tampak di lembah kering Sadeng serta teras pantai di sepanjang pantai bagian selatan.

Gunung-Sewu:-Global-Geopark-(2013)
Gambar 3

Geopark Gunung Sewu menjadi destinasi wisata yang lengkap, mulai dari pantai kawasan Gunung Kidul, beragam jenis goa di Pacitan, hingga industri kreatif yang dikembangkan oleh masyarakat setempat. 

Kawasan Gunung Sewu juga menjadi daerah penelitian berbagai aspek ilmu pengetahuan, seperti geologi, air tanah, biologi, arkeologi, sejarah alam, dan budaya.

Salam Lestari!

Post a Comment