Mengenal Tentang Jenis-Jenis Sampah Laut

Table of Contents

Jenis-Jenis Sampah Laut


Gunung Hutan - Menurut Peraturan Presiden Nomor 83 Tahun 2018 tentang Penangan Sampah Laut, Sampah laut adalah sampah yang berasal dari daratan, badan air, dan pesisir yang mengalir ke laut atau sampah yang berasal dari kegiatan di laut.

 

Sedangkan sampah plastik adalah sampah yang mengandung senyawa polimer. 

Sampah plastik ini sudah menjadi komponen terbesar sampah laut (marine debris).

Sampah laut terdapat di semua habitat laut, mulai dari kawasan-kawasan padat penduduk hingga lokasi-lokasi terpencil yang tak terjamah manusia; dari pesisir dan kawasan air dangkal hingga palung-palung laut dalam. 

Kepadatan sampah laut beragam dari satu lokasi ke lokasi lain, dipengaruhi oleh kegiatan-kegiatan manusia, kondisi perairan atau cuaca, struktur dan perilaku permukaan bumi, titik masuk, dan karakteristik fisik dari materi sampah.

Berikut di bawah ini adalah penjelasan agar lebih Mengenal Tentang Jenis-Jenis Sampah Laut, silahkan disimak ya.

Sampah Plastik

Jenis-Jenis Sampah Laut
Sampah Plastik

Sampah Plastik adalah jenis sampah anorganik yang tidak dapat diuraikan begitu saja serta butuh waktu bertahun-tahun untuk dapat terurai sempurna. 

Plastik adalah salah satu makro molekul yang dibentuk dengan proses polimerisasi. 

Polimerisasi adalah proses penggabungan beberapa molekul sederhana (monomer) melalui proses kimia menjadi molekul besar (makro molekul atau polimer). 

Plastik merupakan senyawa polimer yang unsur penyusun utamanya adalah Karbon dan Hidrogen.

Sampah plastik di laut, mencakup beragam materi polimer sintetis, termasuk jaring ikan, tali, pelampung dan perlengkapan penangkapan ikan lain; barang-barang konsumen keseharian, seperti kantong plastik, botol plastik, kemasan plastik, mainan plastik, wadah tampon; popok; barang-barang untuk merokok, seperti puntung rokok, korek api, pucuk cerutu; butir resin plastik; serta partikel plastik mikro.

Sampah Kertas atau Kardus

Jenis-Jenis Sampah Laut
Sampah Kertas/ Kardus

Sampah kertas jenisnya bermacam-macam, misalnya kertas HVS (kertas komputer dan kertas tulis), kertas kraft, karton, kertas berlapis plastik, dan sebagainya. 

Biasanya aktivitas yang berbeda menghasilkan jenis-jenis sampah kertas yang berbeda pula. 

Sebagai contoh, pabrik dan pertokoan lebih banyak menghasilkan sampah kertas jenis karton, sedangkan perkantoran dan sekolah lebih banyak menghasilkan kertas tulis bekas.

Salah satu upaya dalam mengurangi sampah kertas adalah di daur ulang. 

Masing-masing jenis kertas juga memiliki karakteristik tersendiri sehingga kemampuannya untuk di daur ulang dan produknya juga berbeda-beda.

Sementara itu sebagian besar kertas pembungkus makanan tidak di daur ulang, begitu juga dengan kertas tissue. 

Kertas pembungkus makanan sulit di daur ulang karena adanya lapisan plastik, sedangkan kertas tissue karena sifatnya yang mudah hancur.

Sampah Karet

Jenis-Jenis Sampah Laut
Sampah Karet

Indonesia merupakan salah satu negara penghasil karet terbesar di dunia dengan total produksi pada 2019 mencapai 3,55 juta ton, dan luas seluruh area perkebunan karet di Indonesia mencapai 3,4 juta hektar. 

Sampah dan limbah karet, termasuk ban, balon, dan sarung tangan medis menjadi salah satu sampah yang bisa berakhir di laut.

Sampah Pakaian

Jenis-Jenis Sampah Laut
Sampah Pakaian

Sampah tektil dan pakaian adalah salah satu dari penyumbang sampah di laut. 

Tahun 2018 di Ancol, mayoritas sampah yang ditemukan bukan sampah plastik, melainkan sampah tekstil dan sampah jaring yang dibuat dari benang, dengan persentase hingga 80%. 

Tidak hanya di Ancol, sampah tekstil juga banyak ditemukan di Pulau Saparua, Maluku di mana sampah tekstil yang sudah terkena air lebih sulit untuk ditangani karena bobotnya yang semakin berat. 

Sampah pakaian dan tekstil, termasuk sepatu, bahan perabot, handuk, dan lain sebagainya.

Sampah Kaca

Jenis-Jenis Sampah Laut
Sampah Kaca

Salah satu jenis sampah anorganik yang susah terurai adalah sampah kaca yang berasal dari pecahan kaca botol bekas minuman, parfum, pecahan kaca mobil maupun pecahan kaca pintu dan jendela rumah. 

Sampah jenis ini memerlukan waktu hingga 1.000.000 tahun untuk terurai sepenuhnya jika tidak segera di daur ulang.

Semakin banyaknya penggunaan kaca dalam kehidupan sehari-hari, maka akan semakin banyak pula sampah kaca yang dihasilkan seperti botol kaca bekas minuman, pecahan kaca jendela, dan sampah kaca dari peralatan rumah tangga lainnya. 

Oleh karena itu, cara terbaik untuk mengurangi sampah kaca adalah dengan sistem reuse (memakai kembali) dan recycling (mendaur ulang).

Sampah Logam

Jenis-Jenis Sampah Laut
Sampah Logam

Logam, termasuk kaleng minuman, kaleng aerosol, pembungkus kertas timah (aluminium foil), panggangan sekali pakai (instant grill), dan limbah logam dari hasil industri.

Limbah logam dapat di golongkan menjadi 2 (dua) jenis, yaitu sebagai berikut:

  • Limbah yang berasal dari industri logam (Primary Metal Industries), contohnya industri peleburan logam, industri pengecoran logam, industri penempaan, proses rolling dan extruding.
  • Limbah yang berasal dari industri yang menggunakan logam (fabricated metal product), contohnya industri kaleng, industri kawat, mesin, dan peralatan untuk pertanian serta perangkat keras lainnya.

Sampah Kayu

Jenis-Jenis Sampah Laut
Sampah Kayu

Kayu-kayu buangan yang hanyut ke sungai, laut, atau pun terdampar di pesisir bisa disebut dengan kapar. 

Kapar adalah salah satu jenis dari sampah laut yang dapat terbawa oleh dorongan angin, arus atau ombak. 

Pada musim penghujan, kapar yang terkumpul di pesisir biasanya lebih banyak daripada waktu-waktu lainnya dalam setahun. 

Sampah kayu di laut bisa berupa kayu olahan, termasuk palet, krat/peti, papan kayu, dan lainnya.

Beberapa daerah pesisir yang mendapati sampah kayu dari laut diubah menjadi kerajinan atau pun barang tertentu. 

Misalnya Nur Arifin, pengrajin yang merupakan warga Dukuh Pandes, Desa Panggungharjo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengolah sampah laut berupa batang kayu maupun ranting pohon menjadi produk kerajinan bernilai ekonomis. 

Kreatifitas dari sampah kayu laut lainnya terdapat di Bali. I Made Rena, nelayan yang mengolah kayu limbah laut jadi bangunan unik di Pantai Lembeng, Gianyar, Bali.


Demikianlah penjelasan mengenai Mengenal Tentang Jenis-Jenis Sampah Laut, semoga dapat bermanfaat.

Terima Kasih.

Salam Lestari!

Post a Comment