Widget HTML #1

Cagar Biosfer Taka Bonarate - Kepulauan Selayar (2015)

Cagar Biosfer


Gunung Hutan - Pada kesempatan kali ini Admin akan membagikan informasi tentang Cagar Biosfer Taka Bonarate - Kepulauan Selayar (2015).

Cagar Biosfer Taka Bonarate - Kepulauan Selayar (2015) merupakan tema artikel kali ini yang akan Admin informasikan.

Cagar Biosfer Taka Bonerate Kepulauan Selayar terletak di Sulawesi bagian selatan antara Laut Flores, Laut Jawa dan Laut Banda. 

Luas area cagar biosfer ini adalah 4.410.736 ha, meliputi area inti seluas 530.765 ha (daratan: 341 ha, dan wilayah laut: 530.424 ha), zona penyangga seluas 702.760 ha (daratan 36.178 ha dan wilayah laut 666.083 ha); dan area transisi seluas 3.177.711 ha (daratan seluas 79.146 ha dan kawasan laut seluas 3.098.565 ha).

Taka Bonerate, bersama dengan Wakatobi, Ambon, Banda, Raja Ampat, dan juga Bunaken serta Kepulauan Derawan di Kalimantan, terletak di jantung Segitiga Terumbu Karang yang membentang dari Kepulauan Solomon di timur, Filipina di utara, Bali, Lombok, Komodo, Flores dan Laut Sawu di selatan. 

Bagian terakhir ini membentuk dasar dari Segitiga Terumbu Karang yang sangat besar. 

Selain kepulauan Atol (pulau karang rendah), Taka Bonerate ini mempunyai 21 pulau.

Cagar biosfer ini dinobatkan sebagai cagar biosfer UNESCO pada tahun 2015. 

Ciri khas yang membuatnya begitu istimewa sehingga akhirnya UNESCO menetapkan statusnya sebagai cagar biosfer, adalah keberadaan Atol yang terbesar di Asia Tenggara dan terbesar ketiga di dunia. 

Luas Atol tersebut sekitar 220.000 ha, dengan sebaran terumbu karang seluas 500 km². 


Cagar Biosfer
Terumbu Karang


Kondisi ini menghasilkan keanekaragaman jenis karang tertinggi di dunia dan beberapa jenis terumbu karang dunia mungkin hanya terdapat di kawasan ini. 

Oleh karena itu, kawasan ini sangat layak untuk dilindungi dan dilestarikan. 

Berada di area Coral Triangle Intiative (CTI), kawasan ini merupakan habitat bagi berbagai biota laut yang langka dan dilindungi. 

Tak berlebihan apabila kekayaan laut di kawasan yang terletak di Kecamatan Taka Bonerate, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan ini menjadikannya sebagai tujuan wisata alam dan bahari yang sangat menarik. 

Topografi kawasan Taka Bonerate sangat unik di mana Atol yang terdiri dari gugusan pulau-pulau yang terdiri dari pulau karang kering dan pulau terumbu luas dan tenggelam, membentuk gugusan kepulauan dengan jumlah yang cukup banyak. 

Taka Bonerate juga merupakan habitat sejumlah spesies burung mulai dari burung darat hingga burung pesisir dan laut yang bermain-main di bukit pasir.

Aktivitas ekonomi utama adalah perikanan diikuti oleh pariwisata. 

Terdapat 15 buah pulau di Taka Bonerate yang dapat dinikmati untuk kegiatan menyelam, snorkeling, dan wisata bahari lainnya. 

Dengan dijadikannya Taka Bonerate sebagai cagar biosfer, maka hal tersebut berdampak positif kepada kehidupan masyarakat setempat sebab mereka dapat meningkatkan penghasilan dari sektor pariwisata.

Para pihak yang terlibat di dalam pembangunan dan pengembangan Cagar Biosfer Taka Bonerate - Kepulauan Selayar adalah Balai TN Taka Bonerate, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Direktorat Kawasan Konservasi, Ditjen KSDAE, Kementerian KLHK, LIPI, Komite Nasional Program MAB Indonesia, Lembaga Penelitian, Perguruan Tinggi, LSM, dan masyarakat di kawasan tersebut. 

Masing-masing pihak memiliki tugas dan fungsi masing-masing sesuai dengan tugas pokok fungsinya.

Demikianlah informasi singkat di atas tentang Cagar Biosfer Taka Bonarate - Kepulauan Selayar (2015), semoga dapat bermanfaat.

Terima Kasih.

Salam Lestari!

Post a Comment for "Cagar Biosfer Taka Bonarate - Kepulauan Selayar (2015)"